Ritel Indonesia Mengalami Perubahan

Distrupsi adalah akata yang sangat kuat maknanya untuk ritel indonesia saat ini, tidak hanya supermarket atau hypermarket tetapi juga minimarket. Penjualan ritel 2017 yang tidak terlalu bagus menurut beberapa pihak di karenakan oleh beralihnya konsumen ritel terutama apparel dari offline ke online.  Tercatat pertumbuhan ritel 2017 hanya berkisar diangka 0,4 %. Meskipun omzet bisnis online baru 1 % tetapi sebagain besar memang produk fashion.

Minimarket Tumbuh

Meskipun demikian ternyata sektor minimarket masih bisa meunjukan pertumbuhan yang cukup bagus. Nielsen menyebutkan bahwa supermarkat hanya tumbuh 0,4 % sedangakn minimarket mampu tumbuh 4 sd 7 % angka yang sangat baik.

Bapennar menyebutkan bahwa terjadi perubahan style belanja ritel dari hypermarket ke Minimarket. Kondisi ini juga di amini oleh hasil riset dari nielsen.

Konsumen lebih suka berberalan kebutuhan harian ke toko yang lebih dekat dan mengalihkan sebagian pendapatnya ke travelling atau kebutuhan lain. tercatat kebutuhan pendidikan menjadi salah satu pengeluaran yang sangat mempengaruhi gaya belanja publik.

Bisnis Perlengkapan Minimarket menarik

CEO PT Adi Solusi Ritel,  perusahaan yang bergerak di bidang perlengkapan minimarket seperti rak gondola dan juga konsultan minimarket menyebutkan bahawa permintaan rak minimarket cukup tinggi tahun ini, terutama untuk beberapa daerah yang mulai berkembang.

Minimarket Rumahan bisa menjadi primadona baru

Bisnis minimarket rumahan bisa jadi primadona baru untuk minimarket dikemudian hari. hal ini bisa dilihat dari tingginya animo publik terhadap konsp bisnis ritel rumahan

Leave a Reply